Wisata Air Terjun Kembar Legomoro Banyuwangi

Sudah lama ingin tahu tentang air terjun, yang terletak di hutan yang disebut Tengkorak Hutan, sebuah hutan di wilayah Glenmore, bernama Air Terjun Kembar sebagai paket wisata Banyuwangi. Air Terjun Kembar Legomoro terletak di Dusun Sumbermulyo, Desa Margomulyo, Distrik Glemore, Banyuwangi. Disebut kembar karena ada dua aliran yang membentuk aliran kecil di bawahnya. Perjalanan ke air terjun dari kota Banyuwangi memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Rute ke si kembar Legomoro berasal dari kota Banyuwangi untuk mengambil Banyuwangi Jember melewati kota Rogojampi – pertigaan lampu merah rogojampi mengambil arah yang benar menuju kota Genteng – Setelah melewati kota Genteng akan ada pertigaan dengan arah menuju Umbul Pule, Pinus Hotel atau Gumuk Kil belok kanan, ikuti arah Umbul Pule. Ambil jalan Umbul-pule dan kemudian lewati Kuil Gumuk Kancil hingga jalan aspal berubah menjadi jalan tanah berbatu (macadam), ikuti jalan makadam hingga Anda menemukan arah ke dua air terjun di Legomoro. Jangan malu untuk bertanya kepada penduduk setempat, karena cara menuju ke sana sebenarnya cukup rumit.

Ketika kami melintasi jalan makadam, suasananya terasa sangat sejuk karena kami telah memasuki kawasan hutan tengkorak, yang tidak seram seperti namanya. Di hutan ini adalah kawasan hutan Perhutani, yang ditumbuhi vegetasi pinus dan bagian dari vegetasi mahoni, yang dapat kita temukan tumbuh di jalur menuju dua air terjun Legomoro. Setibanya di tempat parkir kami membayar retribusi dari Rp. 2000 untuk sepeda motor dan per. Orang dengan biaya pendaftaran RP. 5000. Aroma khas hutan pinus mulai meledak ke ruang kosong di pikiran, semakin terhirup, semakin segar rasanya. Deru air dapat dengan jelas terdengar dari tengah hutan pinus dengan tubuh saya di sepanjang jalan setapak di sana. Di ujung jalan hutan pinus, air terjun ganda yang indah diapit oleh hutan pinus di sekitarnya. Saya mengabaikan wahana yang ditawarkan oleh manajer untuk menikmati hutan pinus, seperti penyewaan tempat tidur gantung, rubah terbang, peralatan penyewaan ular di air terjun Legomoro.

Air Terjun Kembar Legomoro disebut kembaran karena memiliki dua air terjun yang terletak bersebelahan. Di sekitar air terjun terdapat ukiran batu untuk menambah daya tarik air terjun ini seperti naga yang diukir dan terlihat agak mirip kepala kakek-nenek: D. Air terjun ini juga menarik karena memiliki tingkat anak-anak dan kolam renang semi alami yang dibuat dan sederhana sehingga pengunjung, terutama anak-anak, dapat bermain air di sini. Manajer juga menawarkan penyewaan ban untuk sekitar 3.000 yang dapat digunakan sampai lelah. Bermain dengan air dek juga tidak terbatas pada kolam renang semi alami di depan air terjun. Bisa juga bermain di bawahnya aliran-aliran kecil yang membentuk semacam seluncuran di bawah jembatan bambu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*