Patung Garuda Wisnu Kencana

Jakarta Pembangunan patung raksasa Garuda Wisnu Kencana di kawasan Taman Budaya GWK, Ungasan, Jimbaran Bali, akhirnya selesai. Butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikannya. Berumur 28 tahun. Yaitu seperti yang diucapkan sejak perencanaan dan desain. Dari era Presiden Suharto ke Presiden Joko Widodo. Sebagai bentuk rasa terima kasih atas penyelesaian konstruksi, pameran seni akan disajikan pada 4 Agustus di Taman Budaya GWK. Agendanya adalah pertunjukan budaya. Sejumlah seniman akan menghidupkan kegiatan ini.

Menurut Wakil Presiden Pengembangan Pasar I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, GWK akan menjadi simbol baru pariwisata dan kebanggaan orang Bali. Menurut Pitana, Kementerian Pariwisata menawarkan dukungan dan yakin bahwa implementasi GWK akan memiliki dampak positif pada pertumbuhan pariwisata di Bali dan Indonesia. Patung GWK memiliki ketinggian 121 meter dari tanah. Atau 271 meter di atas permukaan laut (dpl). GWK adalah salah satu patung tertinggi di dunia di sebelah patung kuil musim semi Buddha Cina, Myanmar Laykyun Sekkya Buddha, Patung Liberty di Amerika Serikat, Ushiku Daibutsu dari Jepang, panggilan tanah air Rusia dan Kristus Penebus Brasil.

Pengembangan Garuda Wisnu Kencana berawal dari gagasan Nyoman Nuarta dengan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Joop Ave dan Gubernur Bali Ida Bagus Oka dan Menteri Pertambangan dan Energi Ida Bagus Sudjana, sekitar tahun 1989. Sejak tahun 1990 menjadi rencana disajikan kepada Presiden Soeharto dan disetujui.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*