Mitos Diet Malah Merusak Diet

Mitos diet sering digunakan untuk menasehati seseorang yang kelebihan berat badan, tetapi tanpa fakta yang mendukung hal ini. Banyak mitos yang terdengar di masyarakat terkait dengan upaya menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa fakta untuk membantu Anda menemukan fakta yang benar.

Kurangi karbohidrat untuk menurunkan berat badan
Fakta: Karbohidrat memiliki 2 jenis, sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana umumnya ditemukan dalam kue dan permen. Sementara itu, karbohidrat kompleks dapat ditemukan dalam gandum, roti, kacang-kacangan dan buah-buahan dengan banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Kehilangan berat badan bisa mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana.

Hindari semua makanan berlemak
Fakta: tidak semua lemak harus dihindari hanya untuk menurunkan berat badan. Lemak masih merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, sehingga harus tetap dalam menu diet. Tetapi karena lemak memiliki jumlah kalori yang lebih besar daripada karbohidrat dan protein, maka harus dibatasi konsumsi. Lemak sehat yang baik untuk dikonsumsi manusia, seperti alpukat, minyak zaitun atau kacang-kacangan.

Puasa dapat menurunkan berat badan dengan cepat
Fakta: Berpuasa tidak serta merta membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat. Karena puasa dapat menyebabkan seseorang mengkonsumsi sejumlah besar makanan dalam rencana makan. Karenanya, jumlah kalori yang digunakan sama. Jika Anda memiliki rencana makan teratur dan Anda membatasi jumlah kalori, Anda dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

Penurunan berat badan harus cepat
Fakta: jika Anda mengalami penurunan berat badan dalam waktu singkat, berat badan Anda bisa bertambah lagi seperti sebelumnya. Apalagi jika itu terjadi dengan cara yang tidak sehat. Penurunan berat badan yang lambat, tetapi dengan diet dan gaya hidup sehat dapat menghasilkan hasil yang lebih realistis. Jika ingin menurunkan berat badan secara drastis, perlu berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan agar tubuh tetap mendapat nutrisi yang dibutuhkan.

Kopi dapat merusak diet Anda
Fakta: Menurut penelitian, kopi yang dikonsumsi dalam jumlah 2-3 gelas per hari masih aman dalam diet sehat. Kandungan antioksidan dalam zat organik nabati dapat bermanfaat bagi tubuh. Studi menunjukkan bahwa kopi dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, batu empedu, penyakit Parkinson dan beberapa jenis kanker. Yang perlu dilakukan adalah mengontrol kalori kopi dengan menghindari penggunaan krim, gula, dan sirup rasa.

Diet dengan menghindari sarapan atau diet dengan sarapan?
Fakta: Sarapan pagi dapat membantu mengatur rasa lapar dan mencegah camilan tidak sehat. Perhatikan kebutuhan dan aktivitas harian tubuh Anda. Jika Anda membutuhkan banyak energi, pilih sarapan dengan menu sehat seperti sereal atau yogurt.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*