Kenali Penyakit Degeneratif Pengusik Masa Tua

Penyakit degeneratif terjadi sebagai akibat dari perubahan fungsi atau struktur yang menyebabkan perubahan pada jaringan dan organ selama periode tertentu. Penyakit degeneratif umumnya hanya diketahui ketika mereka serius. Penyebab penyakit degeneratif adalah karena bertambahnya usia dan gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini membahas beberapa penyakit degeneratif yang merupakan “momok” bagi orang yang lebih tua.

Diabetes mellitus
Diabetes mellitus termasuk dalam penyakit degeneratif karena disebabkan oleh perubahan fungsi pankreas dan hormon insulin, yang mengakibatkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Diabetes mellitus yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi pada organ lain, seperti jantung, ginjal, mata, dan berbagai organ lainnya. Faktor genetik mempengaruhi kejadian diabetes melitus tipe 2, tetapi gaya hidup yang tidak sehat adalah penyebab utama.

penyakit jantung
Penyakit jantung dan pembuluh darah yang dapat mempengaruhi jantung disebut penyakit kardiovaskular. Faktor risiko terpenting untuk penyakit kardiovaskular adalah tekanan darah tinggi dan aterosklerosis. Aterosklerosis adalah penyakit penumpukan lemak di pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular dapat menyebabkan komplikasi seperti gagal jantung, serangan jantung atau stroke.

osteoporosis
Osteoporosis memastikan tulang menjadi lemah dan rapuh. Ini menyebabkan tulang menjadi mudah patah atau cacat (bengkok). Celah atau patah tulang biasanya terjadi di pinggul, pergelangan tangan atau tulang belakang. Osteoporosis disebabkan oleh pembentukan tulang baru, tidak banyak tulang yang perlu diganti. Bertambahnya usia dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

kanker
Kanker adalah penyakit yang disebut sel abnormal yang berkembang tanpa kendali dan dapat menyerang jaringan di sekitarnya. Sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian lain tubuh melalui darah dan sistem limfatik. Ada berbagai jenis kanker berdasarkan onset perkembangan kanker.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*