Beda Cara Kapten Memimpin Tim

Pekerjaan seorang pemimpin tim sepak bola bukan hanya melempar koin dan memilih bola atau gol di awal pertandingan, mereka tentu saja memainkan peran sebagai pemimpin dalam tim. Dikutip dari bola288 mereka memediasi antara pelatih dan pemain lain, memberikan motivasi di lapangan dan mengingat instruksi dari pelatih, yang juga menjadi tugas kapten saat pertandingan berlangsung. Dalam sekejap mata dapat disimpulkan bahwa seorang pemimpin harus memiliki semangat kepemimpinan, diwakili oleh vokal ketika kompetisi selalu berpikir positif, jadi jangan ragu untuk memarahi rekan satu tim yang bermain tanpa semangat.

Bagaimana dengan Lionel Messi yang tidak banyak bicara di lapangan? Messi tidak seperti Carles Puyol, Sergio Ramos atau John Terry. Pemain Argentina itu bukan tipe pemain yang vokal dan sering memberi perintah kepada rekan setimnya. Contoh lain adalah Eden Hazard di tim nasional Belgia dan Neymar di tim nasional Brasil sebelum gelang kapten diberikan kepada Dani Alves.

Beberapa pemain yang ditunjuk sebagai kapten tidak memiliki kepribadian vokal dan sering memberikan perintah langsung kepada rekan satu tim mereka. Mereka tidak memimpin dengan berteriak di lapangan, tetapi mereka memimpin rekan tim sebagai contoh. “Saya menikmatinya. Tetapi saya tidak bisa seperti John Terry. Sebagai kapten, saya tidak banyak bicara. Saya berbicara dengan kaki saya di lapangan,” kata Hazard ketika ditanya apakah dia ingin meniru Terry sebagai kapten. Hazard menjabat sebagai kapten setelah Vincent Kompany mengalami cedera panjang, tetapi ia terus memimpin Belgia setelah Kompany pulih.

Dalam bukunya “Silent leadership”, Carlo Ancelotti mengungkapkan berbagai tipe pemimpin dalam sebuah tim. Singkatnya, seorang pemimpin hanya bisa memimpin jika orang yang dipimpinnya percaya padanya. Tidak masalah mengapa mereka memercayai pemimpin.

Kepemimpinan yang baik dan karakter yang kuat tentu menjadi salah satu alasan mengapa pemain mempercayai pemasok mereka. Kapten ini disebut pemimpin kepribadian. Mereka memiliki keyakinan untuk berbicara, berteriak di rumput hijau dan membantu semua rekan tim mereka. Mereka juga mampu selalu berpikir positif dan tidak takut pada suatu hubungan. Mereka juga berani melakukan tekanan tinggi, seperti mengambil penalti krusial di babak adu penalti. Nemanja Vidic, Zlatan Ibrahimovic, Terry, Ramos merupakan beberapa contoh kapten seperti ini.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*