Skip to content

Alasan Mengapa Harus Upgrade ke VPS Hosting?

Posted in Teknologi

Berbicara tentang website hosting, saat ini ada banyak perkembangan yang terjadi, salah satunya adalah tersedianya VPS hosting. VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server, VPS adalah sebuah paket hosting yang sebaiknya kamu gunakan ketika ingin upgrade web hosting kamu dari paket shared hosting dasar. Kamu bisa menggunakan vps murah Dewaweb untuk menunjang aktivitas website yang kamu miliki sekarang.

Mengapa diperlukan untuk upgrade web hosting? Harus kamu ketahui, bahwa semakin berkembagnya sebuah website maka akan ada saatnya dimana ruang di share hosting yang kamu miliki tidak lagi cukup. Jika hal ini terjadi, maka kamu membutuhkan resource yang lebih besar, resource yang sudah tidak cukup dan ruang yang sudah melebihi batas adalah tanda bahwa saatnya kamu untuk upgrade hosting dasar menjadi VPS hosting.

Lalu, apa saja perbedaan dari VPS hosting dan shared hosting, dan apa saja keunggulan yang bisa kamu dapatkan dengan upgrade ini? Berikut ulasannya.

Perbedaan VPS dan Shared Hosting dasar

Agar sebuah website bisa mudah untuk diakses pengunjung, situs akan membutuhkan sebuah server, server ini menyerupai komputer, hanya saja sudah dilengkapi dengan software setup khusus guna kemudahan dalam kegunaanya, terkadang membutuhkan hardware tambahan yang bisa kamu buat sendiri.

Shared Hosting

Shared hosting adalah satu server yang digunakan bersama sama oleh banyak website, biasanya shared hosting menjadi pilihan seorang user, karena biayanya yang sangat terjangkau, namun hosting seperti ini mempunyai kekurangan.

Sebuah hosting layaknya seperti program komputer, ketika digunakan agar berfungsi dengan baik membutuhkan resource, seperti RAM dan CPU power, semakin banyak yang menggunakan program tersebut, maka semakin banyak juga resource yang dibutuhkan, akan tetapi resource yang dimiliki sebuah server mempunyai batasan.

Jika resource yang kamu miliki pada server telah melebihi batas penggunaan, maka hal itu akan mengakibatkan performa dan kecepatan website menjadi lebih lambat, pada umumnya ada dua hal yang bisa mengakibatkan performa website menjadi lebih lambat.

  1. Menyimpan terlalu banyak website pada satu server provider hosting yang sama, sehingga membuat resource RAM, disk space dan CPU bekerja lebih berat, dan mengakibatkan lambatnya akses.
  1. Mendapatkan jumlah trafik yang semakin banyak, atau lonjakan pengunjung di kemudian hari.

Dengan seiring berkembanganya sebuah website, maka masalah itu tidak bisa terelakan, karena shared hosting hanya menyediakan resource yang terbatas, apalagi jika kamu sudah menggunakan paket premium yang mempunyai resource lebih besar, maka upgrade ke VPS hosting adalah pilihan yang tepat.

VPS Hosting

Virtual Private Server memang sangat canggih, namun pengoprasiannya sangatlah mudah. Di VPS kamu memang masih berbagi server dengan user yang lain, namun setiap website mempunyai bagian servernya masing masing dengan jumlah resource yang dedicated.

Berikut kelebihan VPS hosting daripada shared hosting

  1. VPS bisa memberikan ruang untuk masing masing website, meskipun masih dalam satu server, tapi kamu bisa mengatur resource dengan apa yang kamu butuhkan dan tidak harus tumpang tindih dengan pengguna lain.
  1. Tidak harus membagi resource yang tersedia, karena pada masing masing akun VPS dalam satu hosting telah mendapatkan jumlah resource yang sudah tetap. Ini memungkinkan performa website yang kamu miliki tidak akan terpengaruh oleh besaran trafik yang diterima situs milik user lain (tidak akan terjadi server down atau lambat pada website).
  1. Mempunyai kontrol penuh terhadap server pada setiap penggunanya. Dimana pengaturan server bisa kamu sesuaikan berdasarkan kebutuhan, begitu juga oleh pengguna lain dalam satu VPS hosting yang sama.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *